Uda ga heran lagi kalo sebagian besar kucing itu suka banget makanan”manusia. Seperti ice cream, tempe, kopi susu dan masih banyak lagi. Mungkin yang kitaketahui coklat itu adalah cemilan yang paaaliiing enak.. Tapi bagi si kucing dan semua spesies binatang, coklat bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung . Efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah, kehausan, gelisah, peningkatan atau detak jantung tidak beraturan, demam, hingga kejang.
Selain coklat, masi ada beberapa lagi makanan”yang ga baik buat si kucing. Ini adalah beberapa jenis makanan manusia buat si kucing.

Anggur dan kismis
Anggur bisa merusak ginjal aucing. Gejalanya antara lain, rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, lesu,dan muntah-muntah.

Bawang
Bawang putih dan bawang merah bisa merusak sel darah merah anjing dan kucing, sekaligus menyebabkan anemia. Ia akan menimbulkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.

Minuman beralkohol
Semua binatang akan terpengaruh jika minum minuman beralkohol, karena minuman ini akan mempengaruhi sistem sarafnya. Disorientasi, muntah-muntah, diare, lesu, kehilangan koordinasi fungsi tubuh, sulit bernapas, kejang, hingga koma adalah hasilnya jika mereka menelan minuman beralkohol.

Adonan roti mentah
Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernapas, dan sebagainya.

Alpukat
Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung binatang. Kemungkinan yang terjadi adalah muntah-muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas.

tapi tapi tapi tapiiiiiiiiiiii……

telur bagus looohhh buat si kucing…. 😀

Sebuah telur memiliki sekitar 11,5% lemak, 13 persen protein, 160 kilokalori dalam setiap 100g. Dari komposisi itu bisa disimpulkan telur adalah makanan dengan keseimbangan yang baik. Memiliki protein hewani dan zat makanan penting apalagi jika dimakan mentah sebagai makanan kucing kucing.

Namun semua manfaat telur itu ada satu yang dapat merugikan kucing kita. Karena terlalu pada putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B biotin. Padahal vitamin tersebut sangat penting untuk proses dalam tubuh kucing.

Supaya manfaat telur ini benar-benar maksimal. Cukup berikan tidak lebih dari sebutir telur mentah perminggu.

Dalam beberapa artikel tips merawat kucing yang saya baca. Senyawa avidin itu dapat dikurangi dengan memasaknya. Tapi sayang seribu sayang, itu juga dapat mengurangi zat makanan yang lain. Dengan kata lain manfaat telur juga berkurang.

Ini semua berlaku untuk jenis kucing apapun, apakah itu kucing persia, angora, javanese, bobtail, dsb.

Bagaimana jika kita hanya memberikan kuning telurnya saja. Bisa saja, tapi itu memberi konsekunsi kegemukan karena kandungan lemak pada telur yang tinggi (mencapai 31 persen). Jadi, jika ingin kuning telur berikan saja dua atau tiga butir perminggu.

Seperti sebuah pisau yang mempunyai ujung tajam dan pendek. Manfaat telur juga pasti ada keburukannya. Tergantung bagaimana kita merawat kucing, supaya hanya kebaikannya saja yang kita dapat

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai makanan apa saja yang tak boleh diberikan kepada binatang peliharaan Anda, hubungi dokter hewan kepercayaan Anda.

Source : www.kucing.biz

Advertisements